Sitorus, Fina Futria (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA SISTEM PERNAPASAN MANUSIADI KELAS XI SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141064 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
401841064 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
408141064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
408141064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
408141064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
408141064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
408141064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
408141064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408141064 BAB I.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
408141064 BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408141064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas penggunaan metode bermain peran pada Sistem Pernapasan Manusia di kelas XI IA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IA yang terdiri dari 3 kelas yang bejumlah 120 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini digunakan secara acak (random sampling) yaitu kelas XI IA 1 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji cobakan validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen penelitian yang digunakan sebanyak 25 soal.Berdasarkan hasil analisa data secara deskriptif, keefektifan metode bermain peran dalam penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang tergolong tinggi yaitu 81,1, ketuntasan belajar siswa secara klasikal tergolong tinggi dengan persentase 90%, ketuntasan pencapaian indikator telah tercapai dengan persentase 80% dan aktivitas siswa selama pembelajaran tergolong sangat baik dengan persentase 85% siswa sudah aktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran pada Sistem Pernapasan Manusia memberikan hasil yang baik terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Sit e |
Keywords: | Pernapasan;Populasi; Volume Udara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10165 |