Hasibuan, Putri Sabila Alhaq (2012) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244410023 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
081244410023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
081244410023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
081244410023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
081244410023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
081244410023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
081244410023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
081244410023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
081244410023 BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
081244410023 BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
081244410023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media Audio-Visual dan media Gambar pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2011/2012.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kisaran tahun pembelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 248 orang. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 64 orang. Dimana kelas XI IPA 2 diberi pembelajaran dengan menggunakan media Audio-Visual, dan kelas XI IPA 3 diberi pembelajaran menggunakan media Gambar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan Media Audio-Visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran menggunakan Media Gambar pada materi pokok sistem reproduksi manusia. Dimana nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media audio-visual lebih tinggi, dengan nilai rata-rata postes 80,25, dengan SD = 6,32. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa yang diajar tanpa menggunakan media gambar, dengan nilai rata-rata postes 75,25, dengan SD =6,84. Adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (3,05 > 1,999), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan media audio-visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa menggunakan media gambar pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Has p |
Keywords: | Media Audio- Visual; Media Gambar; Hasil Belajar Biologi; Siswa; Reproduksi Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10153 |