Fauzi, Kms Muhammad Amin (2009) PERANAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kultura, 10 (1). pp. 1162-1166. ISSN 1411-0229
Cover.pdf
Download (2MB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
Abstract
Berkisar dua dasawarsa ini perkembangan dalam psikologi bidang pendidikan berjalan cukup pesat. Salah satunya adalah berkembang konsep metakognisi yang pada intinya menggali pemikiran orang tentang berpikir ”thinking about thingking”. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kemampuan metakognitif oleh seseorang ternyata berpengaruh pada kemampuannya akan problem solving matematika. Tentu saja ini menarik karena kemampuan problem solving matematika adalah kemampuan yang paling diharapkan dikuasai siswa setelah mereka belajar matematika. Tetapi ternyata di Indonesia pengetahuan tentang konsep metakognitif ini belum banyak dikaji, oleh sebab itu menarik untuk membahasnya agar hal ini menjadi perhatian dan membuka wawasan mengenai pentingnya kemampuan metakognitif dikuasai oleh siswa. Menurut sebuah penelitian menunjukkan siswa yang menguasai kemampuan metakognitif akan menjadi lebih berkemampuan dalam menghadapi permasalahan dan menjadi pemecah masalah yang andal. Siswa juga akan memeroleh keuntungan terutama rasa percaya diri (confidence) dan menjadi lebih independen sebagai pebelajar, bahkan siswa yang berkemampuan rendah akan tetapi aktif belajar dengan proses metakognitif ternyata menjadi lebih mampu memecahkan permasalahan standard dibanding siswa yang sama yang tidak belajar dengan pengajaran metakognitif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Metakognitif; Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 04:37 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1011 |