Rasid, Abdul (2012) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIP TGT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK IKATAN KIMIA DI KELAS X SMK N 2 BINJAI T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131023 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
408131023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
408131023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
408131023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
408131023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
408131023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408131023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
408131023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408131023 BAB I.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408131023 BAB V.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
408131023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media kartu kerja lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa menggunakan media kartu kerja. Pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media kartu kerja dapat dilihat hasilnya melalui kemampuan siswa SMK sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Binjai yang terdistribusi pada 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 280 orang. Sampel penelitian diambil secara random sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 orang, menggunakan tes hasil belajar sebagai alat pengumpul data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan media kartu kerja (64,14±8,95) lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media kartiu kerja (26,71±7,16). Analisis statistik menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media kartu kerja lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa menggunakan media kartu kerja ( pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak/ pihak kanan diperoleh bahwa harga thitung > ttabel atau 5,59 > 1,99 dan dk 67). Dengan melihat keberhasilan pengajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media kartu kerja maka perlu diaplikasikan penelitian ini dalam pengajaran materi kimia lainnya ataupun diluar mata pelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071Ras p |
Keywords: | Kooperatif tipe TGT; Media Kartu Kerja; Hasil Belajar; Siswa; Ikatan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10097 |