Siringo-ringo, Antoni (2012) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN JENIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131031 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
408131031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
408131031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408131031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
408131031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
408131031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
408131031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
408131031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408131031 BAB I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
408131031 BAB V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
408131031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal, jenis praktikum dan interaksi antara kemampuan awal dan jenis praktikum terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 1 Gebang yakni sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 2 kelas. Kemudian menetapkan siswa yang relatif homogen statusnya dari setiap kelas sampel sebanyak 10 orang siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian 2 x 2, yang artinya ada dua faktor yang diteliti yaitu faktor kemampuan awal (A) dan jenis praktikum (B). Untuk faktor kemampuan awal ada 2 taraf yaitu kemampuan awal tinggi dan kemmapuan awal rendah, sedangkan faktor jenis praktikum ada dua taraf yaitu praktikum dan demonstrasi. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa Fhit (A) > Ftabel atau 35,191 > 4,11, artinya ada pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar kimia siswa. (AB) > Ftabel atau 11,090 > 4,11 ,artinya ada pengaruh interaksi antara kemampuan awal dan jenis praktikum terhadaphasil belajar kimia siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode praktikum dengan kemampuan awal tinggi (40 ± 5,888) memberikan nilai rataan peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode demonstrasi (31 ± 5,676), sedangkan pengajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dengan kemampuan awal rendah (48,8 ± 7,052) memberikan nilai rataan peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode praktikum (45 ± 5,578). Pada uji pengaruh sederhana siswa yang memiliki kamampuan awal tinggi diajar dengan menggunakan metode praktikum, sedangkan untuk siswa kemampuan awal rendah dapat diajar dengan menggunakan metode demonstrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sir p |
Keywords: | Hasil Belajar Kimia; Siswa; Metode Demonstrasi; Metode Praktikum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10069 |