Alfizari, Muhammad Ridho Fadly (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE PRAKTIKUM DAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321037 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408321037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
408321037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
408321037 Abstrak.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408321037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
408321037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408321037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408321037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408321037 BAB I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
408321037 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
408321037 Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
408321037 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode praktikum dan metode konvensional pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi T.P 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Tebing Tinggi yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan metode praktikum dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol, diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 42,4 dengan standar deviasi 10,7 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 43,1 dengan standar deviasi 11,7. Hasil uji t diperoleh thitung = -0,24 dan ttabel = 2,002. Sehingga thitung < ttabel (-0,24 < 2,002) maka H0 diterima dengan kata lain bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas control. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode praktikum dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberi postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 70,9 dengan standar deviasi 10,4 dan kelas kontrol 61,3 dengan standar deviasi 12,4. Hasil uji t diperoleh thitumg = 3,219 dan ttabel = 2,002. Sehingga thitumg > ttabel (3,219 > 2,002) maka Ha diterima, dengan demikian kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar Metode Praktikum dengan Metode Konvensional pada materi pokok Zat dan Wujudnya di kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Alf p |
Keywords: | Gaya; Belajar; Kesukaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10064 |