Agustifa, Fauziah (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN RUMUS KIMIA DAN TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244320016 COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
071244320016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
071244320016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
071244320016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
071244320016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
071244320016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
071244320016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
071244320016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
071244320016 BAB I.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
071244320016 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
071244320016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta ERIA Medan dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil secara acak berjumlah 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan (make a match) sedangkan kelas kontrol diberi perlaukan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data yang diamati adalah hasil belajar kimia siswa, yang dikumpulkan melalui tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terdiri dari 5 option jawaban, yang telah diujicobakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t, dimana sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas data. Hasil belajar kelas eksperimen rata-rata pre test (27,81 ± 7,21) dan rata-rata post test (76,88 ± 5,70) dengan peningkatan hasil belajar Gain sebesar 68% sedangkan hasil belajar kelas kontrol rata-rata pre test (22,03 ± 6,70) dan rata-rata post test (70,47 ± 6,00) dengan peningkatan hasil belajar Gain sebesar 62%. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05 menggunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan dimana thitung > ttabel (3,05 > 1,667139), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan melihat hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diberi perlakuan melalui penerapan model pembelajaran mencari pasangan (make a match) lebih tinggi daripada menggunakan pengajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Agu p |
Keywords: | Make A Match; Hasil Belajar; Siswa;; Rumus Kimia; Tata Nama Senyawa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10051 |