Nadeak, Josevina (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BUNYI DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEBING TINGGITAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121055 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
408121055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
408121055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
408121055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
408121055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
408121055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408121055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408121055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408121055 BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
408121055 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
408121055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
408121055 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Bunyi di kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012, (2) aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis mind mapping pada pokok bahasan Bunyi.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tebing Tinggi pada tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pengujian hipotesis yaitu uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 9 kelas. Jumlah sampel penelitian adalah 70 orang terdiri dari 35 orang siswa kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan 35 orang siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis mind mapping diperoleh rata-rata hasil belajar 68.95 sedangkan pada model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 58.29 dan pada taraf signifikansi α = 0.05 diperoleh Fhitung = 4.06 sedangkan Ftabel = 1.67 (Fhitung > Ftabel) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima sekaligus menolak Ho. Dari hasil posstes juga diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis mind mapping sebesar 18.29% dengan peningkatan aktivitas belajar sebesar 8.61%. Aktivitas siswa yang dikategorikan aktif dalam pembelajaran sejalan dengan hasil belajar siswa Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Bunyi di kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012, (2) adanya pengaruh yang positif dari aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 430.071 Nad p |
Keywords: | Frekuensi; Resonansi; Normalitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10050 |