Siregar, Devi Anriani (2012) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAPPENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWAPADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331010 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
408331010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
408331010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
408331010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408331010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
408331010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
408331010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408331010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408331010 BAB I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
408331010 BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
408331010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh model Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang lebih tinggi dengan model project based learning yang menggunakan macromedia flash atau hanya dengan menggunakan macromedia flash saja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan sebanyak 80 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Pembelajaran pada kelas eksperimen I yaitu metode Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash dan pembelajaran pada kelas eksperimen II hanya dengan Macromedia Flash tanpa model Project Based Learning. Sebagai alat pengumpul data peningkatan hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya, validasi instrumen tes dilakukan di SMA Darma Pancasila. Hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar kimia kelas eksperimen I 0,707±0,088 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II dengan rata-rata peningkatan hasil belajarnya 0,478±0,081. Peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t pihak kanan diperoleh thitung > ttabel (12 > 1,684) sehingga Ha diterima berarti ada pengaruh model Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash berpengaruh dan memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi daripada pembelajaran yang hanya menggunakan Macromedia Flash saja. Peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 70,7% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 47,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sir p |
Keywords: | Populasi; Varisbel; Rancangan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10049 |