Murni, Sri Minda (2013) IMRAD AND NAVIGATING STUDENTS WAY AROUND LITERATURE. Jurnal Linguistik Terapan, 10 (2). pp. 109-246. ISSN 0216-5139
Cover,FullText.pdf - Published Version
Download (16MB) | Preview
Abstract
Tulisan ini mengkaji penerapan strategi IMRaD dalam membantu mahasiswa menulis laporan atas artikel ilmiah berbasis penelitian. Tujuannya adalah untuk menjelaskan : a) Apakah laporan mahasiswa merepresentasikan pemahaman yang baik atas informasi yang dibaca; dan b) Apakah laporan mahasiswa merepresentasikan pemahaman yang baik atas logika penelitian. Penelitian ini di lakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Data diambil dari 20 laporan tertulis mahasiswa atas artikel berjudul ‘which self? Pronominal choice ,modernity, and self-categorization’ (Djener, 2008). Temuan penelitian menujukan bahwa pemahaman yang baik atas informasi yang di baca di realisasi melalui paraphrase dan pemahaman yang lemah di tandai dengan laporan yang copy paste. Selanjutnya, pemahaman yang baik atas logika penelitian direpresentasikan melalui merujuk secara konsisten masalah penelitian dalam menulis setiap komponen laporan, dan pemahaman yang rendah ditandai dengan terombang-ambing antara informasi yang bersifat fakta, konsep, prosedur. Penelitian juga menunjukan, pemahaman atas logika penelitian lebih buruk dari pemahaman atas informasi dan komponen yang paling lemah dalam logika penelitian adalah mengabstraksikan ringkasan reflektif penulis. Penelitian ini menyarankan agar dosen terlebih dahulu membimbing mahasiswa menulis laporan artikel berbasis riset sebelum menugasi mereka critical book review yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan kompleknya teks akademik selain kompetensi berbahasa inggeris yang belum memadai.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | - |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 03:43 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1004 |