Simarmata, Lusyi Affriyani (2012) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA TA.2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131069 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
408131069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
408131069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
408131069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
408131069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
408131069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
408131069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408131069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
408131069 BAB I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
408131069 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408131069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dan untuk mengetahui adanya hubungan keaktifan siswa dengan hasil belajar siswa di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Rantau Utara T.P 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Rantau Utara sebanyak 4 kelas yang berjumlah 162 orang. Cara yang dilakukan untuk pengambilan sampel adalah secara acak yaitu kelas XI IA-1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Quantum Teaching dan kelas XI IA-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Masing-masing kelas terdiri dari 30 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah test berupa soal pilihan berganda sebanyak 18 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan lembar observasi untuk penilaian aktivitas belajar siswa yang dilakukan oleh observer sebanyak satu orang. Data penelitian dianalisis dengan uji-t, setelah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung 22.04 > nilai ttabel 1.6723, yang berarti hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha1 diterima yaitu hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji korelasi diperoleh nilai r sebesar 0.542 yang berarti aktivitas belajar siswa cukup berkorelasi dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model Quantum Teaching. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 60.74 atau persen peningkatan hasil belajar 50% lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol 42.22 atau peningkatan hasil belajar sebesar 30 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sim p |
Keywords: | Quantum Teaching; Hasil Belajar Siswa; Kelarutan; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10023 |