Sianturi, Saudur (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIVIMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJARKIMIA SISWA DI KELAS X SMA MASEHI BERASTAGI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 408131089 JUDUL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2 408131089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3 408131089KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4 408131089 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
5 408131089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
6 408131089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
9 408131089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
10 408131089 BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
11 408131089 BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
12 408131089 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
13 408131089 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan pengaruh model pembelajaran TAI dan STAD serta untuk mengetahui keberhasilan belajar kimia siswa SMA melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe STAD pada kemampuan tinggi dan kemampuan rendah pada materi pokok Hidrokarbon SMA Masehi Berastagi T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini populasi yang diambil seluruh kelas X SMA Masehi Berastagi T.A 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif sampling berdasarkan tujuan penelitian dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu eksperimen 1 dan eksperimen 2 masing-masing terdiri dari 38 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 soal tes dimana sebelum tes diujikan terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Tes diberikan sebanyak dua kali yaitu pretest diberikan sebelum pembelajaran dan postest diberikan setelah pembelajaran. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap keberhasilan belajar siswa, 8,60 > 2, 763 (f hitung > ftabel). Dari kedua model pembelajaran ternyata pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik pada siswa kemampuan tinggi, dan kooperatif tipe STAD lebih baik pada siswa kemampuan rendah. Dengan demikian terdapat interaksi dari kedua tipe pembelajaran tersebut .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sia e |
Keywords: | Kooperatif; TAI; STAD; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10019 |