Marlena, Siti (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331051 cover.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
408331051 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408331051 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
408331051 abstrak.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408331051 daftar isi.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408331051 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408331051 daftar gambar.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
408331051 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408331051 bab I.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
408331051 bab v.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408331051 daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan macro media flash lebih tinggi daripada Peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan macromedia flash dalam pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada materi sistem Koloid di SMA Negeri 8 Medan pada kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan.sedangkan sampel penelitian 2 kelas yang diambil secara random sampling, kelas eksperimen I berjumlah 33 siswa dan kelas eksperimen II berjumlah 31 siswa sehingga jumlah sampel menjadi 64 orang siswa. Kelas eksperimen I diajarkan dengan menggunakan macro media Flash pada numbered Head Together dan kelas eksperimen II diajarkan dengan tanpa menggunakan Macromedia Flash pada numbered Head Together. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 23 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,7087 lebih tinggi dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata Gain 0,6358. Data Gain kedua kelas eksperimen diuji dengan uji t (uji pihak kanan) diperoleh thitung > ttabel (4,1897 > 1,6706) tolak Ho, dan terima Ha yaitu Peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan Macromedia Flash lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan Macromedia Flash dalam pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT).peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 70,87% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 63,58%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Mar p |
Keywords: | Macromedia Flash; Kooperatif; NHT; Hasil Belajar Kimia; Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10018 |