PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 LUBUKPAKAM T.P. 2011/2012

Silalahi, Alfriska Oktarina (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 LUBUKPAKAM T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408121028_COVER.pdf]
Preview
Text
408121028_COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 408121028_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408121028_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 408121028_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408121028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 408121028_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408121028_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 408121028_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408121028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 408121028_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408121028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 408121028_BAB I.pdf]
Preview
Text
408121028_BAB I.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 408121028_BAB V.pdf]
Preview
Text
408121028_BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 408121028_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408121028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Scientific inquiry adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam masalah penelitian yang benar-benar orisinil dengan cara menghadapkan mereka pada bidang investigasi, membantu mereka mengidentifikasi masalah konseptual atau metodologis dalam bidang itu, dan mengajak mereka merancang memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry berbasis pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubukpakam yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry berbasis pictorial riddle dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran dengan penerapan scientific inquiry berbasis pictorial riddle.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 31,53 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 30,81. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran scientific inquiry berbasis pictorial riddle sebesar 76,39 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 69,86. Begitu juga dengan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa yang diamati pada penerapan pembelajaran scientific inquiry berbasis pictorial riddle mengalami peningkatan. Pada pertemuan I nilai rata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 Sil p
Keywords: Scientific Inquiry; Pictorial Riddle; Hasil Belajar Siswa; Cahaya; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 12 Aug 2016 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9941

Actions (login required)

View Item
View Item