Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking dan Motivasi Belajar Siswa

Atika, Endah Dwi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking dan Motivasi Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2. 8196172019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8196172019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (820kB) | Preview
[thumbnail of 1. 8196172019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8196172019 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8196172019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8196172019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. 8196172019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8196172019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 8196172019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8196172019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6. 8196172019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8196172019 TABLES.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7. 8196172019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8196172019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8. 8196172019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8196172019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. 8196172019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8196172019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8196172019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8196172019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan dengan macromedia flash menggunakan pendekatan realistik pada pembelajaran matematika; 2) peningkatan kemampuan visual thinking siswa kelas VIII SMP Negeri 30 medan dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan macromedia flash yang dikembangkan menggunakan pendekatan realistik; 3) peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan macromedia flash yang dikembangkan menggunakan pendekatan realistik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4-D). Uji coba dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba I dilakukan di kelas VIII-4 dan uji coba II dilakukan di kelas VIII-6 di SMP Negeri 30 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash menggunakan pendekatan realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria: (a) Valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,73 pada kategori valid, (b) Praktis dengan skor rata-rata sebesar 3,73 pada kategori terlaksana dengan baik pada uji coba II, dan (c) efektif ditinjau dari ketuntasan klasikal kemampuan visual thinking siswa pada uji coba II sebesar 87,5%, persentase pencapaian waktu ideal siswa pada uji coba II untuk tiga pertemuan, dan hasil respon siswa pada uji coba II dengan nilai rata-rata 3,75 pada kategori tertarik; 2) Kemampuan visual thinking siswa meningkat, ditinjau dari skor N-Gain pada uji coba II yang terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,40 pada kategori sedang; 3) Motivasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan terjadi peningkatan nilai rata-rata pada uji coba II yaitu 81,05 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Ati p
Keywords: Media Pembelajaran Macromedia Flash; Pendekatan Realistikp; Kemampuan Visual Thinking; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:58
Last Modified: 22 Nov 2022 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49287

Actions (login required)

View Item
View Item