Oktavianingsih and Arwita, Widya (2020) MENGUKUR KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN ANIMALIA MENGGUNAKAN MEDIA FLIPBOOK. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flipbook terhadap keterampilan metakognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X MIA SMA Negeri 16 Medan. Sampel penelitian terdiri dari 1 kelas yaitu kelas X MIA 3 sebanyak 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket keterampilan metakognitif, lembar panduan wawancara, dan lembar observasi yang telah divalidasi. Hasil penelitian didapatkan media flipbook berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa pada pembelajaran biologi materi Kingdom Animalia dengan nilai rata-rata yaitu 74,1% komponen pengawasan diri, 69,1% komponen perencanaan, 67,3% komponen pemahaman strategi, 61,1% komponen evaluasi dan 59,7% komponen manajemen (keseluruhan masuk dalam kategori sudah berkembang).
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | FlipBook; Keterampilan metakognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH705 Economic biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 02:06 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43874 |