ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR ONLINE PADA MATERI SISTEM KOORDINASI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ramadhani, Siska (2020) ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR ONLINE PADA MATERI SISTEM KOORDINASI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM, 4161141055 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM, 4161141055 COVER.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM, 416141055 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM, 416141055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4161141055 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4161141055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4161141055 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4161141055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4161141055 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4161141055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4161141055 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4161141055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4161141055 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4161141055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4161141055 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4161141055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis sumber belajar online yang dimanfaatkan pada materi sistem koordinasi oleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui frekuensi pemanfaatan sumber belajar online pada materi sistem koordinasi di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif murni dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik kuesioner (angket terbuka) sehingga mampu menggali lebih dalam tentang pemanfaatan sumber belajar online pada materi sistem koordinasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan.Sebagai objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 kelas, dengan sampel sebanyak 50% dari total populasi dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun hasil dari penyebaran angket dapat diketahui bahwa semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan memiliki smartphone dan laptop. Semua siswa memanfaatkan lebih dari satu sumber belajar online dalam proses pembelajaran Biologi khususnya pada materi sistem koordinasi. Jenis-jenis sumber belajar yang dimanfaatkan siswa adalah Brainly, Youtube, Rumah belajar, Zenius, Quipper school dan Ruang guru.Frekuensi siswa memanfaatkan sumber belajar online yaitu sebanyak 3 kali seminggu sampai 5 kali seminggu. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa jenis-jenis sumber belajar online yang dimanfaatkan oleh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan yaitu Brainly, Youtube, Rumah belajar, Zenius, Quipper school, dan Ruang guru. Frekuensi mengakses sumber belajar online pada sampel siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2019/2020 untuk kebutuhan belajar sebanyak 3 kali seminggu sampai 5 kali seminggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 077
Keywords: Sumber belajar; Sistem koordinasi; Sumber belajar online
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2021 01:50
Last Modified: 17 Jun 2021 01:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42566

Actions (login required)

View Item
View Item