Pengembangan Permainan Angry Bird Terhadap Kemampuan Gerak Manipulatif Anak Sekolah Dasar

Rahman, Atikah (2020) Pengembangan Permainan Angry Bird Terhadap Kemampuan Gerak Manipulatif Anak Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156118036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156118036 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156118036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156118036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156118036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156118036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156118036 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156118036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156118036 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156118036 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156118036 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156118036 TABLE.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156118036 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156118036 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156118036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156118036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156118036 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156118036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156118036 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156118036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview

Abstract

Pada masa sekarang ini, peradaban dunia mengalami perubahan dari analog sistem ke digital sistem yang disebabkan karena berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Fenomena ini tidak hanya berdampak terhadap orang dewasa tetapi juga terhadap anak–anak. Saat ini sering kita lihat aktivitas bermain anak–anak beralih dari permainan manual berubah ke permainan yang menggunakan peralatan digital seperti gadget. Hal ini menyebabkan aktivitas fisik yang dilakukan anak –anak hanya duduk dan menggunakan jari tangan. Otomatis secara keseluruhan aktivitas gerak anak berkurang. Sehingga peneliti mencoba mengembangkan permainan yang ada di smartphone tersebut menjadi permainan nyata yang dilakukan secara langsung. Salah satunya yaitu permainan Angry Bird.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar di Labuhan Batu Selatan. Perlakuan penelitian dilaksanakan dengan menyesuaikan jadwal atau jam pelajaran sekolah. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan yaitu pada September 2019. Subjek atau pengguna yang menjadi sasaran dalam penelitian pengembangan permainan angry bird terhadap kemampuan melempar pada anak Sekolah Dasar. Subjek pada kelompok kecil dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A MIS Nurul Amal Labuhan Batu Selatan yang berjumlah 20 orang, kemudian subjek pada kelompok besar dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan IV C MIS Nurul Amal Labuhan Batu Selatan yang berjumlah 40 orang.
Uji coba kelompok kecil diperoleh bahwa skor empiris diperoleh sebesar 78,62 % (Cukup Valid atau Efektif) maka dapat dinyatakan bahwa produk permainan angry bird efektif terhadap gerak manipulatif. Pada revisi ahli di uji coba kelompok kecil adalah 80% (Valid). Walau sudah valid, ahli masih memberikan revisi terkait permainan angry bird untuk perbaikan. Pada uji coba kelompok besar dari nilai yang diperoleh diketahui bahwa skor empiris diperoleh sebesar 89,25 % (Valid atau Sangat Efektif). Pada revisi ahli di uji coba kelompok besar adalah 92,50 % (Valid). Artinya penelitian ini sudah cukup untuk ketahui validnya permainan angry bird terhadap kemampuan gerak manipulatif pada siswa kelas IV MIS Nurul Amal Labuhan Batu Selatan. Hasil uji efektivitas dan efisiensi di atas adalah 95% dalam kategori valid atau sangat efektif. Sehingga artinya pengembangan permainan angry bird ini dapat diterapkan nantinya dalam belajar kemampuan gerak dasar manipulative anak SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 796.04 Rah p
Keywords: Angry Bird; Gerak Manipulatif; Permainan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Nov 2020 09:41
Last Modified: 18 Nov 2020 09:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40810

Actions (login required)

View Item
View Item