PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH

Yuslinawati (2012) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106171040 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106171040 Judul.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106171040 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106171040 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106171040 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106171040 Abstrak.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106171040 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106171040 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106171040 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106171040 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106171040 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106171040 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106171040 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106171040 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106171040 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106171040 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106171040 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106171040 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106171040 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106171040 Bab V.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106171040 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106171040 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang menggunakan software Autograph dengan pembelajaran secara konvensional yang menggunakan software Autograph. (2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang menggunakan software Autograph dengan pembelajaran secara konvensional yang menggunakan software Autograph. (3) bagaimana proses penyelesaian jawaban yang di buat siswa dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan kemampuan komunikasi kedua pembelajaran. (4) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang menggunakan software Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa SMPN 1 Takengon. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan komunikasi dengan materi statistika (2) skala kmandirian belajar (3) angket respon. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis uji-t dan Mann Withney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang menggunakan software Autograph dengan pembelajaran secara konvensional yang menggunakan software Autograph. (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang menggunakan software Autograph dengan pembelajaran secara konvensional yang menggunakan software Autograph. (3) Proses jawaban siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan software Autograph lebih bervariasi daripada proses jawaban siswa pada pembelajaran konvensional menggunakan software Autograph. (4). Respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang menggunakan software Autograph adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan kemandirian belajar siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Yus p
Keywords: Komunikasi; Kemandirian; Pembelajaran kooperatif; Tipe jigsaw; Software autograph; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 May 2016 05:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item
View Item