PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS AKTIF DAN PENALARAN MATEMATIK SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 ARONGAN LAMBALEK ACEH BARAT

Yusri (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS AKTIF DAN PENALARAN MATEMATIK SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 ARONGAN LAMBALEK ACEH BARAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 0809715022 Abstrak.pdf]
Preview
Text
0809715022 Abstrak.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 0809715022 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
0809715022 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (970kB) | Preview
[thumbnail of 0809715022 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
0809715022 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 0809715022 Bab I.pdf]
Preview
Text
0809715022 Bab I.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[thumbnail of 0809715022 Bab V.pdf]
Preview
Text
0809715022 Bab V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 0809715022 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
0809715022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya kemampuan penalaran matematik siswa dalam memecahkan masalah matematika yang disebabkan rendahnya kemampuan guru memahami model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Kurang relevanya model pembelajaran yang diterapkan guru dengan tujuan dan karakteristik matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa dalam memecahkan masalah matematik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Arongan Lambalek dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas aktif dan penalaran matematik siswa.Data penelitian diperoleh dari skenario pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes kemampuan penalaran matematik, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan angket respon siswa. Semua perangkat dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah melewati validasi ahli dan ujicoba lapangan. Hasil validasi terhadap perangkat dalam kategori (dapat digunakan tanpa revisi) dan hasil uji coba intrumen tes memiliki valididas 0,74 atau tinggi, reliabilitas 0,96 atau sangat tinggi, daya pembeda 0,41 kategori baik dan tingkat kesukaran 0.41 kategori baik. Penelitian terdiri 3 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil analisis data pada siklus III diperoleh hasil : (1) kadar aktivitas aktif siswa telah memenuhi persentase waktu ideal yang ditetapkan, (2) rata-rata nilai tes penalaran sebesar 71,04 dengan 85,5% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat penalaran minimal kategori baik dan 14,5% memiliki tingkat penalaran dibawah kategori baik, (3) hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada ketegori baikdengan rata-rata 0,25, (4) terdapat 95,53% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran memberikan respon yang positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pada siklus III dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kadar aktivitas aktif siswa selama pembelajaran dan dapat meningkatkan penalaran matematik siswa. Peningkatan tersebut terjadi dengan berbagai revisi-revisi tindakan berdasarkan hasil refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Yus p
Keywords: Penalaran; Matematika; Guru; Pembelajaran kooperatif; Tipe Jigsaw; Ketuntasan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 Jul 2018 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3670

Actions (login required)

View Item
View Item