PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS SAINTIFIK DI KELAS IV SDN 105292 BANDAR KLIPPA T.A 2019/2020

NST, EVA RISNAYANTI (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS SAINTIFIK DI KELAS IV SDN 105292 BANDAR KLIPPA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1153311090_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1153311090_COVER.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1153311090_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1153311090_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1153311090_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1153311090_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1153311090_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1153311090_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1153311090_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1153311090_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1153311090_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1153311090_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1153311090_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1153311090_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1153311090_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1153311090_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1153311090_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1153311090_BAB I.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1153311090_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1153311090_BAB V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1153311090_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1153311090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini peneliti mendapatkan bahwa belum ada guru yang mengembang buku ajar, guru hanya berfokus kepada buku yang diberikan oleh pemerintah atau buku yang tersedia disekolah, peneliti mengembangkan buku ajar pecahan berbasis saintifik yang bertujuan untuk mengatahui tentang buku ajar pecahan berbasis saintifik dan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan buku ajar pecahan berbasis Saintifik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penilitian Reseach and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yang menggunakan model prosedural. Model prosedural adalah model deskripsif yang menggambarkan alur atau langkah-langkah prosedural yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk tertentu, tehnik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan data tes.
Dari hasil validasi yang dilakukan kepada ahli materi, ahli bahasa, dan ahli penyajian menunjukkan buku ajar ini adalah valid. Terbukti presentase rata-rata dari hasil validasi materi menunjukkan 96,66% menyatakan valid, hasil validasi oleh ahli bahasa menunjukkan 97,5% menyatakan valid, dan oleh ahli penyajian 89,4% menujukkan valid. Dari hasil analisis data tes uji coba lapangan bahwa buku ajar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 105292. Terbukti dari hasil prete dengan rata-rata 54,53 dan nilai posttes 84,80 yang artinya data tersebut terbukti hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikan dapat dikatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan terbukti secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SDN 105292 Bandar Klippa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 PGSD 231
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:33
Last Modified: 28 Feb 2020 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36556

Actions (login required)

View Item
View Item