PENERAPAN METODE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN APRESIASI SENI TARI DI SMA DHARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN

AGUSTINI, RANI (2018) PENERAPAN METODE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN APRESIASI SENI TARI DI SMA DHARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2143140027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2143140027 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2143140027 LEGACY.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2143140027 LEGACY.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2143140027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2143140027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2143140027 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2143140027 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2143140027 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2143140027 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2143140027 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2143140027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2143140027 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2143140027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2143140027 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2143140027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2143140027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2143140027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2143140027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2143140027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2143140027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2143140027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode talking stick pada pembelajaran apresiasi seni tari. Bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode talking stick pada pembelajaran apresiasi seni tari di SMA Dharma Patra Pangkalan Berandan. Teori yang digunakan adalah metode talking stick oleh Miftahul Huda, metode eksperimen oleh Sugiyono, serta teori belajar oleh Agus Suprijono. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini selama tiga bulan, di mulai bulan agustus sampai oktober. Lokasi Penelitian dilakukan di SMA Dharma Patra Pangkalan Berandan. Populasinya yaitu seluruh siswa-siswi kelas X yang berjumlah 252 orang dan sampelnya yaitu siswa-siswi yang berada di kelas X IPA 2 yang berjumlah 36 orang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment one group pretest-posttest design. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talking stick dapat meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran apresiasi seni tari. Dapat dibuktikan dari kenaikan nilai rata-rata pretest siswa sebesar 56.80 dan nilai rata-rata posttest siswa sebesar 81.44. Untuk melihat adanya peningkatan dari pembelajaran apresiasi seni tari dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji t. Hasil uji t yang diperoleh yaitu to lebih besar dari ttabel (3.48 > 1.666914). Kesimpulan yang diperoleh bahwa terdapat kenaikan yang signifikan terhadap kemampuan belajar siswa setelah digunakannya metode talking stick pada siswa kelas X IPA 2 di SMA Dharma Patra Pangkalan Berandan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 TARI 001
Keywords: Metode Talking Stick; Pembelajaran; Apresiasi Seni Tari
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 13:50
Last Modified: 27 Feb 2019 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31973

Actions (login required)

View Item
View Item