PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP

Sartika, Ika (2011) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188730041 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188730041 Abstrak.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188730041 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188730041 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188730041 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188730041 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (890kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188730041 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188730041 Bab I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1500081188730041 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188730041 Bab V.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188730041 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188730041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian mi bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi matematika dan sikap siswa terhadap matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melaiui pendekatan kooperatif dengan siswa yang memperoleh pembe)ajaran matematika secara konvensional.Penelitian mi merupakan studi eksperimen semu di SMP kota Madya Medan, dengansubjek populasi adalah siswa SMP Negeri 31 dan SMP Swasta Nurul Hasanah danmengambil masing-masing 2 kelas yakni di SMP Negeri 31 kelas VIlI.3 dan VlIl.4 sedangkan di SMP Swasta Nurul Hasanab kelas VIII.1 dan VllI.2 sebagai sampel penelitian. Sampel dipilib secara acak dan kedua unit sekolah untuk seluruh kelas VIII di SMP negeri 31 ada 5 kelas sedangkan di SMP Swasta Nurul Hasanah ada 5 kelas.Instrumen yang digunakan untuk mengunipulkari data dalam penelitian mi terdiri dan teskemampuan berpikir kritis, tes kemampuan berkomunikasi matematika dan sikap siswaterhadap matematika. Sebelum instrumen digunakan, tenlebih dahulu diuji coba dan hasilnya untuk instrunien berpikir kritis dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitasnya sebesar 0,61 (tinggi), untuk instrumen berkomunikasi matematika din.yatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitasnya sebesar 0,75 (tinggi) Dan hasH penelitian tidak terdapat pengaruh kemampuan berpikir knitis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran kooperatif dengan konvensional, sedangkan pada berkomunikasi matematika dan sikap siswa terdapat pengaruh antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk berkomunikasi niatematika terdapat pengaruh pendekatan kooperatif derigan pembelajacan konvensional, besarnya pengaruh adalah merefleksikan gambar kedalan ide matematika kelas eksperimen 0,84 (tinggi) sedangkan kelas kontrol 0,76 (tinggi), merefleksikan grafik kedalam ide matematika kelas eksperirnen 0,98 (tinggi) sedangkan kelas kontrol 0,91 (tinggi), merefleksikan tabel kedalam ide matematika kelas eksperimen 0,79 (tinggi) sedangkan kelas kontrol 0,74 (tinggi), membuat model situasi menggunakan metode tertulis kelas eksperimen 0,68 (sedang) sedangkan kelas kontro) 0,55 (sedang), membuat model situasi nienggunakan gra€ik kelas ekspenimen 0,62 (sedang) sedangkan kelas kontrol 0,52 (sedang), menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau symbol matematika kelas eksperimen 0,71 (tinggi) sedangkan kelas kontrol 0,67 (sedang). Sikap siswa terhadap niateniatika lebih positif selania mengikuti pembelajaran kooperatif; dan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kooperatif inencerminkan kegiatan yang aktif dan tanggapan siswa terhadap terhadap pembelajaran tersebut menjadi sangat baik. Pola dan keragaman jawaban siswa Iebih beragam (bervariasi) dengan pendekatan kooperatif dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Diharapkan guru matematika menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif agar kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi matematika siswa lebib baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sar p
Keywords: Siswa;Matematika;Pembelajaran;Komunikasi;Kooperatif;Junior High Schools;Sikap; Pola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 Jun 2016 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3160

Actions (login required)

View Item
View Item