ANALISIS KESULITAN GURU BAHASA INDONESIA MENERAPKAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMK NEGERI 2 MEDAN

Nengsih, Ratna (2018) ANALISIS KESULITAN GURU BAHASA INDONESIA MENERAPKAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2142111018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2142111018 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2142111018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2142111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2142111018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2142111018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2142111018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2142111018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2142111018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2142111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2142111018 TABLE OF PICTURE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2142111018 TABLE OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2142111018 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2142111018 TABLES.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2142111018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2142111018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2142111018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2142111018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2142111018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2142111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran inovatif
dengan menggunankan model pembelajaran berbasis masalah dan model
pembelajaran kontekstual serta untuk mengetahui kesulitan guru bahasa Indonesia
di SMK Negeri 2 Medan dalam menerapkan pembelajaran inovatif menggunakan
model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kontekstual.
Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu 3 orang guru bahasa Indonesia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif.
Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri.
Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran berbasis masalah
yang diterapkan guru pada materi menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan
teks laporan observasi, menggali nilai kearifan dari teks cerita sejarah dan
menentukan unsur pembangun teks cerpen, dilakukan guru sesuai dengan sintak
model pembelajaran berbasis masalah. Proses pembelajaran dilakukan mulai dari
orientasi siswa pada masalah, diskusi kelompok, penyajian hasil dan refleksi.
Kesulitan guru menerapkan pembelajaran model Problem based learning pada
tahap perencanaan yaitu kesulitan menentukan kegiatan belajar yang mampu
memacu siswa aktif dalam suasana diskusi di kelas serta kesulitan dalam
menentukan kelompok belajar heterogen. Pada kegiatan pelaksanaan
pembelajaran, guru kesulitan menyajikan materi pelajaran dan hasil karya siswa
karna keterbatasan media, mengorganisasikan siswa belajar mandiri dalam
melakukan kegiatan penyelidikan individu maupun kelompok.. Kesulitan pada
tahap evaluasi pembelajaran yaitu mengatur waktu untuk refleksi dan evaluasi dan
kesulitan dalam kegiatan penilaian karna tidak ada rubrik penilaian khusus.
Penerapan model pembelajaran kontekstual diterapkan guru bahasa Indonesia
pada materi yang memiliki konsep berkaitan dengan pengalaman hidup siswa
secara nyata. Pembelajaran yang diterapkan guru secara umum sesuai sintak
model pembelajaran kontekstual. Kesulitan guru menerapkan pembelajaran
kontekstual pada tahap perencanaan yakni kurangnya waktu dalam merencanakan
media dan desain pembelajaran. Kesulitan pada tahap pelaksanaan kegiatan
kontruktivisme yakni membangun pengetahuan awal siswa dari pengalamannya
sendiri dan kesulitan menciptakan suasana masyarakat belajar. Kesulitan pada
tahap evaluasi adalah keterbatasan waktu dan sulit melihat perkembangan siswa
karna tidak ada rubrik penilaian khusus untuk melihat kemajuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 165
Keywords: inovatif; kesulitan; model pembelajaran berbasis masalah; model pembelajaran kontekstual; bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:23
Last Modified: 11 Dec 2018 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31363

Actions (login required)

View Item
View Item