EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM

Tarigan, Syafrizal (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188410020 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188410020 Abstrak.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410020 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188410020 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410020 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188410020 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410020 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188410020 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penerapan pembelajaran M3PK terhadap keaktifan siswa yang diberi tugas meringkas pelajaran, membuat pertanyaan-jawaban dan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Stuktur Atom. (2) Pengaruh penerapan pembelajaran M3PK terhadap hasil belajar kimia siswa yang diberi tugas meringkas pelajaran, membuat pertanyaan-jawaban dan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Sturktur Atom. (3) Hasil belajar kimia siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi dibandingkan dengan basil belajar kimia siswa yang memiliki keaktifan belajar rendah. (4) Besar efektivitas basil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan M3PK yang diberi tugas meringkas pelajaran dan membuat pertanyaan-jawaban dibanding pembelajaran konvensional. Sampel berjumlah 120 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes basil belajar dan lembar observasi keaktifan belajar. Hipotesis diuji dengan General Linear Model (GLM) pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan program SPSS 17.0 for windows. Hasil pengujian hipotesa menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang berbeda secara signifikan dan penerapan M3PK diberi tugas meringkas pelajaran, membuat pertanyaan-jawaban dan pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa SMA yang ditujukkan dengan harga sig = 0,000; (2) Terdapat pengaruh yang berbeda secara signifikan dari penerapan M3PK diberi tugas meringkas pelajaran, membuat pertanyaan-jawaban dan pembelajaran konvensional terhadap basil belajar kimia siswa SMA yang ditunjukkan dengan harga sig = 0,006; (3) Hasil belajar kimia siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi lebih besar dibandingkan dengan siswa yang memiliki keaktifan belajar sedang dan rendah yang ditunjukkan oleh harga sig = 0,002. (4). Pembelajaran M3PK yang diberi tugas meringkas pelajaran, membuat pertanyaan-jawaban lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional. Besar efektivitas dan penerapan M3PK yang diberi tugas meringkas pelajaran terhadap basil belajar kimia siswa adalah sebesar 13,63 % dan besar efektivitas dari penerapan M3PK yang diberi tugas membuat pertanyaan- jawaban terhadap basil belajar kimia siswa adalah sebesar 9,09 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.240 71 Tar e
Keywords: Senior High Schools;Kimia;Mengajar;Konsep;Induksi;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 May 2016 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3111

Actions (login required)

View Item
View Item