ANALISIS KESULITAN MAHASISWA BIOLOGI DALAM MEMPELAJARI KULTUR JARINGAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

HUDA, ALI IHSANUL (2018) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA BIOLOGI DALAM MEMPELAJARI KULTUR JARINGAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156174002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156174002 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156174002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156174002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156174002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156174002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156174002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156174002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156174002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156174002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156174002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156174002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156174002 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156174002 TABLES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156174002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156174002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156174002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156174002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156174002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156174002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156174002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156174002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar mahasiswa pada materi kultur jaringan di Universitas Negeri Medan dari aspek kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom, indikator pembelajaran dan faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 reguler yang sedang melaksankan mata kuliah Kultur Jaringan di Program Pendidikan Biologi S1 Universitas Negeri Medan dengan jumlah 228 mahasiswa. Sampel diambil secara purposive sampling yaitu tiga kelas dengan jumlah 127 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar mahasiswa pada materi kultur jaringan dan angket kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar mahasiswa pada tingkat pengetahuan (C-1) yaitu sebesar 30,42%, tingkat pemahaman (C2) yaitu sebesar 60,02%, tingkat penerapan (C3) sebesar 60,64% , tingkat analisis (C4) sebesar 59,73% ,tingkat evaluasi (C5) sebesar 58,91% , dan tingkat kreasi (C6) sebesar 61,38%. Sedangkan persentase kesulitan-kesulitan belajar mahasiswa dari aspek indikator totipotensi sel (indikator ke-1) sebesar 48,43% , indikator menggambarkan laboratorium kultur jaringan (indikator ke-2) sebesar 69,24%, indikator menuliskan alat-alat yang digunakan pada kultur jaringan (indikator ke-3) sebesar 72,63% , indikator sterilisasi alat dan eksplan (indikator ke-4) sebesar 69,09% , indikator media dan fungsinya (indikator ke-5) sebesar 36,22% , indikator identifikasi media (indikator ke-6) sebesar 47,18% , indikator peranan zat pengatur tumbuh (indikator ke-7) sebesar 67,40% , indikator kriteria eksplan (indikator ke-8) sebesar 35,43% , indikator prosedur sterilisasi eksplan (indikator ke-9) sebesar 52,17%, indikator kaitan kultur sel dengan kalus (indikator ke-10) sebesar 25,20%, indikator keuntungan kultur haploid (indikator ke-11) sebesar 55,12%, indikator langkah-langkah kultur protoplas (indikator ke-12) sebesar 52,95% , indikator alasan dilakukan kultur jaringan (indikator ke-13) sebesar 60,63% , indikator peranan induksi variasi somaklonal (indikator ke-14) sebesar 49,21%, indikator keuntungan metabolit sekunder (indikator ke-15) sebesar 62,40%, indikator pelestarian plasma nutfah (indikator ke-16) sebesar 53,54% di masukkan ke dalam kesulitan sedang, dan pada indikator aklimatisasi (indikator ke-17) sebesar 39,96% . Faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa yang berkonstribusi pada materi kultur jaringan yaitu faktor psikologi, minat, motivasi, Metode pengajaran, media pengajaran, sumber/ buku yang digunakan dalam pembelajaran, pengalaman dan pengaruh teman serta peranan orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: KESULITAN BELAJAR; INDIKATOR PEMBELAJARAN; FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:05
Last Modified: 18 Feb 2019 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30108

Actions (login required)

View Item
View Item