MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN DI KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2017/2018

PUTRA, AGUSRIANSYAH (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN DI KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143111001_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143111001_COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143111001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143111001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143111001_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143111001_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143111001_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143111001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143111001_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143111001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143111001_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143111001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143111001_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143111001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143111001_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143111001_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143111001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143111001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1143111001_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1143111001_BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143111001_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143111001_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1143111001_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1143111001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Time Token pada mata pelajaran IPS
pokok bahasan keragaman suku bangsa di Indonesia di kelas V SD Negeri 101776 Sampali tahun ajaran 2017/2018.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampali tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 27 siswa
yang terdiri dari 19 siswa Laki-laki dan 8 siswa Perempuan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan lembar observasi.
Berdasarkan tes awal yang dilakukan, ditemukan bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah. Dari jumlah 27 siswa yang mengikuti pre test (tindakan awal),terdapat 6 siswa yang tuntas dari hasil belajar dengan persentase 22,2% dan belum
tuntas 21 siswa dengan persentase 77,8% dengan rata-rata nilai klasikal 48,1. Peneliti menindaklanjuti pada siklus I dengan menggunakan model Time Token pada mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa di Indonesia,perolehan hasil siklus I meningkat menjadi 13 siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase 48,1% dan belum tuntas terdapat 14 siswa dengan persentase 51,9% dengan rata-rata nilai klasikal 62,2. Berdasarkan kesimpulan sementara,bahwa hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan atau belum
mencapai tingkat persentase ketuntasan klasikal yang baik, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pada siklus II. Pada siklus II perolehan hasil belajar siswa meningkat menjadi 24 siswa yang tuntas hasil belajarnya dengan persentase 88,9% dan belum tuntas 3 siswa dengan persentase 11,1% dengan nilai rata-rata klasikal 80,4.Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahsan keragaman suku bangsa di Indonesia di kelas V SD Negeri 101776 Sampali tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 068
Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL TIME TOKEN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 14:04
Last Modified: 18 Feb 2019 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30009

Actions (login required)

View Item
View Item