PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 SIMPANG EMPAT

Heryanto (2010) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 SIMPANG EMPAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500071188210006 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500071188210006 abstrak.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of 1500071188210006 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500071188210006 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500071188210006 bab I.pdf]
Preview
Text
1500071188210006 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500071188210006 bab V.pdf]
Preview
Text
1500071188210006 bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui basil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif struktural NHT lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, (2) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap basil belajar matematika siswa.Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Simpang Empat semester genap Tahun Pelajaran 2008/2009. Populasi berjumlah 105 orang dan sampet diambil dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling berjumIah 70 orang yang terdiri dari 35 orang siswa kelas X-3 untuk model pembelajaran kooperatif struktural NHT dan 35 ()rang siswa kelas X-2 untuk model pembelajaran ekspositori. Tes motivasi berprestasi dilakukan untuk mengelompokkan siswa alas motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah. Metode penelitian rnenggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan a = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji hotnogenitas.Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif struktural NHT lebih tinggi daripada basil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, dengan Fh k = 5,66 > FQFP, = 3,988, (2) basil belajar matematika siswa yangmemiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, dengan F„„.„, = 56,64 > F„,,, = 3,988, (3) adainteraksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap basilbelajar matematika siswa, dengan — 7,07 > 3,988. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif struktural NHT lebih baik dari model pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan basil belajar matematika siswa. Siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah memperoleh basil belajar lebih baik jika diajar dengan model pernbelajaaran kooperatif struktural NHT.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 Her p
Keywords: Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar; Siswa; Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 May 2016 00:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item
View Item