DESIGNING LEVELED ENGLISH READING MATERIALS FOR JABAL RAHMAH MULIA ELEMENTARY SCHOOL MEDAN

Aisah. (2017) DESIGNING LEVELED ENGLISH READING MATERIALS FOR JABAL RAHMAH MULIA ELEMENTARY SCHOOL MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 8156182005 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 8156182005 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 8156182005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 8156182005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 8156182005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 8156182005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 8156182005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 8156182005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 8156182005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 8156182005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 8156182005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 8156182005 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 8156182005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 8156182005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 8156182005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 8156182005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 8156182005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 8156182005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 8156182005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 8156182005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 8156182005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 8156182005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitiam ini berkaitan dengan perancangan materi membaca bahasa Inggris
berjenjang untuk siswa kelas empat Jabal Rahmah Mulia Medan melalui
penerapan pendekatan yang berpusat pada materi yang autentik. Tujuan penelitian
ini adalah untuk merancang materi membaca bahasa Inggris yang relevan untuk
siswa-siswa sekolah Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan tahaptahap
Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (R&D). Tahap-tahap tersebut
adalah (1) analisis kebutuhan, (2) review bahan ajar membaca bahasa Inggris yang
ada dan silabus, (3) merancang materi membaca bahasa Inggris berjenjang (4)
memvalidasi materi membaca bahasa Inggris berjenjang yang baru, (5) Menguji
coba materi membaca bahasa Inggris berjenjang yang baru, (6) Hasil Akhir, (7)
Menguji keefektifitasan materi membaca bahasa Inggris berjenjang yang baru.
Data penelitian ini berasal dari analisis dokumen yang ada seperti materi, silabus
yang ada, angket siswa, dan wawancara guru. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa materi yang ada tidak sesuai dengan kebutuhan siswa
sekolah Islam. Oleh sebab itu, materi membaca bahasa Inggris berjenjang yang
baru dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah Islam. Materi membaca
bahasa Inggris yang baru terfokus pada cerita Islam, cerita tersebut yaitu My Two
Journeys, I and Apple Tree, The Orphan Boy, The Blind Boy, Grapes, Valley of
Sheep, Empty Hand of a Rich Man, and Fatimah Az Zahra dirancang dengan
pendekatan yang berpusat pada materi yang autentik (AMA). Materi tersebut telah
divalidasi oleh tiga ahli. Ketiga ahli menyetuhui bahwa materi membaca bahasa
Inggris berjenjang yang baru dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah
Islam. Untuk mengetahui keefektifan dari produk didukung oleh data yang
diperoleh dengan nilai signifikansi 0.000 < dari 0,05 maka dapat disimpulkan
bahwa materi membaca bahasa Inggris sesuai untuk kelas empat Sekolah Dasar
Jabal Rahmah Mulia Medan. Oleh karena itu disarankan agar materi membaca
bahasa Inggris yang baru dirancang relevan untuk digunakan di kelas empat
Sekolah Dasar Jabal Rahmah Mulia Medan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.4 Ais d
Keywords: Berjenjang, Bahasa Inggris, Materi Membaca, Pendekatan Materi yang Autentik (AMA), and Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Mar 2018 09:30
Last Modified: 19 Mar 2018 09:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29520

Actions (login required)

View Item
View Item