PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GOAL ORIENTATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN

Marito, Yeni (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GOAL ORIENTATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500071188230065 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500071188230065 abstrak.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 1500071188230065 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500071188230065 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500071188230065 bab I.pdf]
Preview
Text
1500071188230065 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500071188230065 bab V.pdf]
Preview
Text
1500071188230065 bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian quasi eksperimen ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar maternatika, (2) pengaruh goal orientation terhadap hasil belajar matematika, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan goal orientation terhadap basil belajar matematika. penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas VIII Saolah Menengah Pertama Multammadiyah I Medan dengan populasi 205 siswa dari 6 kelas. Berdasarkan teknik kIauster random sampling 30 siswa diajar mempergunakan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan berdasarkan angket goal orientation 50 butir, setelah diujicobakan 39 butir yang memenuhi kriteria untuk mengukur goal orientation dan tes hash! belajar 30 butir, setelah diujucobakan 26 butir yang memenuhi kriteria untuk mengukur basil belajar matematika. Teknik analisa data 2 x 2 faktorial (ANAVA) dengan taraf signifikan 0,05. Sebelum tneIakukan analisis data, dilakukan uji normalitas dengan Liliefors dan uji homogenitas dengan Bartlett. Hasil uji hipotesis menunjukkan: (I) skor rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatifSTAD — 16,63) lebih tinggi dart skor rata-rata basil belajar matematika yangdiajar dengan strategi pembelajaran ekspositori — 14,90) dengan = 8,46> F, = 4,01 pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 1,56), (2) siswa yang tnemiliki mastery goal orientation menaperoleh skor rata-rata hasil belajarmatematika lebih tinggi (x = 16,53) dari pada skor rata-rata belajar matematikadengan siswa yang memiliki perfbmance goal orientation (x = 15,00) dengan (Fintung — 6,62 > Ftem = 4,01 pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 1,56). Basil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan harus disesualkan dengan goal orientation siswa. Implikasinya adalah kedua strategi pembelajaran dapat dipergunakan guru (Islam pembelajaran matematika. Dengan demikian guru matematika disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran ini agar rnemperoleh basil pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Mar p
Keywords: Belajar;Matematika;Pembelajaran;Ekspositori;Junior High Schools;Orientasi;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 26 Apr 2016 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2912

Actions (login required)

View Item
View Item