PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI KOTA MEDAN

Tanjung, Isman (2004) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 015020064 - Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
015020064 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 015020064 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
015020064 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 015020064 -Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
015020064 -Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of 015020064 -Bab I.pdf]
Preview
Text
015020064 -Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 015020064 - Bab V.pdf]
Preview
Text
015020064 - Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 015020064 -Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
015020064 -Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pcngaruh penggunaan media pembelajaran dan tingkat kreativitas terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengandesain faktorial 2x2 dan sampe] berjumlah 44 orang. Instrumen penelitianmenggunakan tes kreativitas figural dan tes kemampuan berbicara. Tes kreativitas figural digunakan untuk mengetaltui kelompok yang memiliki kreativitas tinggi dan yang memiliki kreativitas rendah. Tes kemampuan berbicara digunakan untuk mengukur kemampuan berbicara anak usia dini. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalan dan dilanjutkan dengan uji Seheffe pada taraf signifikansi a = 5%.Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak usia dini yang diajarkan melalui media bola huruf lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berbicara anak usia dini yang diajarkan melalui media kartu bumf yang ditunjukkan oleh (Fhitung = 44,94 > Ftabel = 4,08); kemampuan berbicara anak usia dini yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berbicara anak usia dini yang memiliki kreativitas rendah yang ditunjukkan oleh Fitung= 344,70 > Ftabel = 4,08); kemudian ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dengan kreativitas terhadap keinampuan berbicara anak usia dini yang ditunjukkan oleh Whitung= 16,05 > Ftabel = 4,08). Hasil temuan penelitian tentang penggunaan media bola huruf memberikan dua implikasi terhadap kemampuan berbicara anak usia dini, yailu bagi anak usia dini yang memiliki tingkat kreativitas tinggi media bola luiruF tnemberi nilai inlinfaat dalam memherdayakan kreativitas berpikir sedangkan pada anak usia dini yang memiliki kreativitas rendah memberikan nilai remediasi karena dapat membantu memperbaiki kesuliatan-kesulitan belajar berbicara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Tam p
Keywords: Media Pembelajaran; Kreativitas Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 Jun 2016 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item
View Item