PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI EKOLOGI

Haryati and Manurung, Binari and Gultom, Tumiur (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI EKOLOGI. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Haryati, B Manurung, T Gultom.pdf]
Preview
Text
Haryati, B Manurung, T Gultom.pdf - Published Version

Download (738kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas X SMA Negeri 1 Kuala. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling. Kelas X-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning, kelas X-1 (kontrol) dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (Anacova) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22,0. Hasil penelitian menunjukkan: ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (F= 4,371; P= 0,039). Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (86,55 ± 4,0) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model model konvensional (80,61 ± 3,3). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi ekologi dalam upaya meningkatkan hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Tingkat tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 05:26
Last Modified: 24 Jan 2018 05:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28395

Actions (login required)

View Item
View Item