PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DAN SNOWBALL THROWING (ST) PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Alya ALYA, CCut Anisa Sara (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DAN SNOWBALL THROWING (ST) PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133341091 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133341091 COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133341091 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133341091 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133341091 ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133341091 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133341091 PREFACE .pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133341091 PREFACE .pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133341091 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133341091 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133341091 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133341091 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133341091 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133341091 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133341091 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133341091 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133341091 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133341091 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133341091 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133341091 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133341091 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133341091 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di MAN Lubuk Pakam ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
kooperatif Group Investigation dan model pembelajaran kooperatif Snowball
Throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan
memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Lubuk Pakam yaitu sebanyak 5
kelas dengan rata-rata jumlah siswa sebanyak 40 orang. Sampel penelitian diambil
dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu Kelas
Eksperimen I (X1) dan Kelas Eksperimen II (X2) masing-masing sebanyak 39
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk
objektif tes, yaitu untuk soal postes sebanyak 30 soal yang masing-masing telah
dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji
normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan uji
Lilliefors dan homogenitas diuji dengan uji F. Dari pengujian yang dilakukan
diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil
penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dari hasil
belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing
dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 12.15 > 1.991 pada
taraf   0,05 . Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes
sebesar 82.45±12.8. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata
postes sebesar 72.5±13.7. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil
belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan
model pembelajaran Snowball Throwing pada Materi Ekosistem kelas X MAN
Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 170
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Snowball Throwing, Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Nov 2017 09:18
Last Modified: 14 Nov 2017 07:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27113

Actions (login required)

View Item
View Item