PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI VIRUS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN KONVENSIONAL DI SMA NEGERI 1 UJUNGPADANG KABUPATEN SIMALUNGUN T. P. 2016/2017

Desi (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI VIRUS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN KONVENSIONAL DI SMA NEGERI 1 UJUNGPADANG KABUPATEN SIMALUNGUN T. P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4122141004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4122141004 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4122141004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4122141004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4122141004 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4122141004 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4122141004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4122141004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4122141004 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4122141004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4122141004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4122141004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4122141004 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4122141004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4122141004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4122141004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4122141004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4122141004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4122141004 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4122141004 BAB I.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4122141004 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4122141004 BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4122141004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4122141004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan model pembelajaran konvensional pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Ujungpadang Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Ujungpadang Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 150 orang. Metode pengambilan sampel penelitian diambil secara purposive sampling (cuplikan sengaja) yakni kelas X4 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas NHT dan kelas X1 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas NHT adalah 38,37 dengan standar deviasi 8,84 dan nilai rata-rata pretes kelas konvensional adalah 37,56 dengan standar deviasi 8,31. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian setelah diberikan perlakuan, yaitu melalui model pembelajaran yang berbeda diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas NHT adalah 77,20 dengan standar deviasi 8,17 dan hasil rata-rata kelas konvensional adalah 72,5 dengan standar devias 9,81. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,51 dan ttabel = 1,995 pada taraf α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (2,51 > 0,1995) maka Hα diterima yakni ada perbedaan yang nyata secara statistik pada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model NHT dengan model konvensional pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Ujungpadang Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 039
Keywords: NHT; Konvensional; Hasil belajar; Virus
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:11
Last Modified: 10 Apr 2017 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23888

Actions (login required)

View Item
View Item