PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINJAI T.A 2016 / 2017

Nasution, Afwanil Huda (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINJAI T.A 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123311002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123311002 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123311002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123311002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123311002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123311002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123311002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123311002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123311002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123311002 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123311002 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123311002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123311002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123311002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123311002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123311002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123311002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123311002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil serta aktivitas belajar matematika yang diperoleh siswa
mungkin disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang
mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar sehingga mempengaruhi
hasil belajar matematika siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan hasil serta aktivitas belajar siswa adalah menerapkan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model
kooperatif tipe jigsaw pada materi pokok SPLDV di kelas VIII semester ganjil
SMP Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas merupakan
penelitian yang dilakukan oleh guru yang sekaligus peneliti di kelasnya atau
bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) dengan jalan merancang,
melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang
bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu proses pembelajaran di
kelasnya. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa di kelas VIII SMP N 1
Binjai. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling,
sehingga sampel yang diambil adalah kelas VIII-3. Data penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes berbentuk essai dengan
jumlah soal sebanyak 5 soal dan angket serta penilaian teman sejawat dan lembar
observasi aktivitas belajar siswa.
Dari hasil tes diagnostik diperoleh rata-rata hasil beajar siswa 52,92 yang
masih jauh dari nilai ketuntasan minimum yang ingin dicapai. Hasil tes diagnostik
digunakan sebagai dasar untuk merancang penelitian tindakan di siklus I dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil belajar yang
diperoleh pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata menjadi 65,90 dan aktivitas
belajar siswa 60,28 dengan kategori aktif. Hasil ini masih belum mencapai target
yang diharapkan dalam penelitian sehingga dilanjutkan ke siklus II. Hasil belajar
yang diperoleh pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata menjadi 79,38 dan
aktivitas belajar siswa 75,55 dengan kategori aktif. Hasil ini telah mencapai
kriteria ketuntasan klasikal dan pencapai aktivitas siswa. Berdasarkan penelitian
yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa model Pembelajaran
Koperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada
materi SPLDV di Kelas VIII semester I SMP N 1 Binjai T.P. 20016/2017.
Disamping itu peneliti juga mengharapkan bagi guru yang ingin menerapkan
pembelajaran dengan model ini harus memperhatikan alokasi waktu dalam
merancang rencana pelaksanaan pembelajaran dan memperhatikan pokok-pokok
materi pembelajaran yang akan disampaikan agar dapat tercakup pada review
yang dibuat oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 016
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Permasamaan Leniar, Model Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Feb 2017 02:25
Last Modified: 23 Feb 2017 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23166

Actions (login required)

View Item
View Item