PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SALAPIAN T.P 2015/2016

Dewi, Rosita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SALAPIAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4121121025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4121121025 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4121121025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4121121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4121121025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4121121025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4121121025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4121121025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4121121025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4121121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4121121025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4121121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4121121025 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4121121025 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4121121025 APPENDDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4121121025 APPENDDICES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4121121025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4121121025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4121121025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4121121025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4121121025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4121121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Konseptual Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Salapian T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test yang telah divalidasi serta lembar observasi untuk mengukur aktivitas. Berdasarkan analisa data yang diperoleh maka nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 25,82 sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 22,38. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varins yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh t_hitung = 1,71 dan t_tabel = 1,98 sehingga t_hitung<t_tabelmaka Ho diterima berarti kedua sampel memiliki kesamaan kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 79,05 sedangkan kelas kontrol yaitu 72,08. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh t_hitung = 2,55 dan t_tabel = 1,67 sehingga t_hitung>t_tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Salapian T.P 2015/2016 dan nilai rata-rata persentase aktivitas di kelas eksperimen pada pertemuan I,II,III,dan IV yaitu 72,29 dengan kriteria aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 002
Keywords: Model inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Aktivitas belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Feb 2017 01:47
Last Modified: 17 Feb 2017 01:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23002

Actions (login required)

View Item
View Item