KAREKTERISTIK FISIKA DAN REALITA PENDIDIKAN FISIKA NASIONAL

Azhar (2011) KAREKTERISTIK FISIKA DAN REALITA PENDIDIKAN FISIKA NASIONAL. Jurnal Tabularasa, 8 (2). pp. 172-192. ISSN 1693-7732

[thumbnail of TABULARASA VOL 8 NO 2 DES 2011Azhar.pdf]
Preview
Text
TABULARASA VOL 8 NO 2 DES 2011Azhar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan bidang ilmu bagian dari sains atau IPA yang merupakan proses dan produk tentang pengkajian gejala alam. Pendidikan fisika berpotensi untuk memainkan peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia, karena melalui pendidikan fisika diharapkan dapat ditumbuhkan kemampuan berfikir logis, rasional, analisis, dan kritis pada siswa. Fisika dalam pembelajaran menyangkut tiga aspek yaitu aspek proses, aspek produk, dan aspek sikap ilmiah (scientific attitude) pada individu pembelajar. Proses (process or methods) dalam sains (fisika) adalah kegiatan yang meliputi observasi, membuat hipotesis, merencanakan eksperimen, evaluasi data pengukuran, dan sebagainya. Produk (product) dalam fisika merupakan hasil dari proses yang berbentuk fakta konsep, prinsip, teori, hukum, dan sebagainya. Sikap ilmiah (scientific attitude) merupakan perilaku-perilaku individu yang menyangkut percaya diri, menilai secara objektif dan jujur, tanggung jawab dan terbuka. Dalam proses pembelajaran, hendaknya guru memulai dari hal yang konkret dilanjutkan ke hal yang abstrak. Kemudian dari hal mudah, yang dekat dengan lingkungan siswa ke hal yang sulit yang bersifat teoritis.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran fisika; Proses; Produk; Sikap ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Mar 2016 10:25
Last Modified: 29 Mar 2016 10:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item
View Item