PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK FREE METHODIST KEC MEDAN HELVETIA T.A 2016/2017

Putri, Datia Indra (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK FREE METHODIST KEC MEDAN HELVETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1123113005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1123113005 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1123113005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1123113005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (962kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1123113005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1123113005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1123113005 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1123113005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1123113005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1123113005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1123113005 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1123113005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1123113005 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1123113005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1123113005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1123113005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1123113005 BAB-I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1123113005 BAB-I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1123113005 BAB-V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1123113005 BAB-V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1123113005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1123113005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah masih rendahnya
kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Free
Methodist T.A 2016/2017.
Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen only posttest control grup
design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang
memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan Kelas B2. Penentuan sampel
kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20
orang anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca
permulaan, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah media flashcard.
Instrumen pengumpulan data yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan
uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasian dengan panduan observasi yang telah
disediakan. Dengan taraf nyata � =0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas
diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 20,15 dengan nilai tertinggi 22 dan
nilai terendah 18, sehingga pengembangan kemampuan membaca permulaan anak
pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai ratarata
pada kelas kontrol 12,15 dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 10, sehingga
pengembangan kemapuan membaca permulaan pada anak kelas kontrol memperoleh
perbedaan yang signifikan.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa thitung (20,81) >ttabel
(1,725) pada taraf � = 0,05. dengan demikian media flashcard berpengaruh secara
signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Free
Methodist Kec Medan helvetia T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PAUD 049
Keywords: Kemampuan Membaca; Anak 5-6 tahun;Media Plasshcad; Media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2016 07:27
Last Modified: 15 Nov 2016 07:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21484

Actions (login required)

View Item
View Item