ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SE-KABUPATEN ROKAN HILIR

Zulpadly (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SE-KABUPATEN ROKAN HILIR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 8146174047 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 8146174047 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 8146174047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 8146174047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 8146174047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 8146174047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 8146174047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 8146174047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 8146174047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 8146174047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 8146174047 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 8146174047 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 8146174047 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 8146174047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 8146174047 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 8146174047 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 8146174047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 8146174047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 013. NIM. 8146174047 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
013. NIM. 8146174047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 014. NIM. 8146174047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
014. NIM. 8146174047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kesulitan belajar siswa pada materi Bioteknologi di lihat dari level kognisi; (2) indikator pada materi Bioteknologi yang sulit dipahami oleh siswa Kelas XII SMA Se-Kabupeten Rokan Hilir; (3) faktor eksternal dan internal yang dominan menjadi penyebab kesulitan belajar Bioteknologi; (4) kesulitan belajar Bioteknologi berdasarkan akreditasi sekolah; (5) perbedaan kesulitan belajar Bioteknologi antara sekolah di kota dan di pinggiran. Penelitian ini bersifat deskriptif kwantitatif. Populasi dari penelitian ini siswa kelas XII jurusan IPA dari SMA Negeri se- Kabupaten Rokan hilir yang terdiri dari 11 SMA, yaitu SMAN 2 Pujud, SMAN 5 Tanah Putih, SMAN 4 Tanah Putih, SMAN 1 Kubu, SMA 2 Bangko Pusako, SMAN 2 B Sinembah, SMAN 1 R Melintang, SMAN 1 Tj. Melawan, SMAN B. Pusako, SMAN 4 Bangko Pusako, SMAN 1 Bangko, dan SMAN 1 B. Hampar. Total sampel adalah sebanyak 644 orang siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument tes pilihan berganda untuk penguasaan materi Bioteknologi, dan angket. Data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif menggunakan persentase dan uji t. Hasil penelitian menggunakan tes penguasaan materi Bioteknologi menunjukkan bahwa hanya 70 siswa yang tuntas (10,87%) dari 644 siswa. Terdapat sebanyak 574 siswa tidak tuntas (89,13%). Berdasarkan indikator pembelajaran, diketahui bahwa siswa yang mengalami kesulitan belajar terbesar terdapat pada indikator Menjelaskan proses rekayasa genetika 67,44%, Menjelaskan proses Kultur jaringan 63,44%, Menjelaskan proses rekombinasi gen 63,07 dan Menjelaskan Dampak penggunaan rekayasa genetika 63,17%. Ditinjau dari aspek kognitif, diketahui bahwa kesulitan belajar terbesar terdapat pada level C5 dengan persentase sebesar 59,90% diikuti oleh C4 sebesar 59.41%, C6 sebesar 56.07%, C3 sebesar 53.03%, C2 sebesar 53.02% dan diakhiri oleh level C1 sebesar 50.24%. Faktor internal penyebab kesulitan belajar pada materi bioteknologi rata-rata berada pada kategori sedang yaitu minat belajar siswa 57.20%, motivasi belajar 59.05% dan bakat 56.30%. Sedangkan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar pada materi bioteknologi berada pada kategori sedang yaitu peranan guru sebesar 59.59% dan sarana 47.13%. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata persentase kesulitan belajar siswa yang berada di pusat kota sebesar 50,06% dan di pinggiran kota sebesar 60,05%. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kesulitan belajar Bioteknologi yang signifikan di antara sekolah yang berada di kota dan pinggiran dengan nilai signifikansi 0,024 < 0,05. Selanjutnya berdasarkan Akreditasi sekolah diketahui bahwa rata-rata kesulitan belajar siswa di sekolah akreditasi A sebesar 51,04% sedangkan akreditasi B sebesar 60,87%. Dari hasil uji t diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi antara sekolah akreditasi A dengan sekolah akreditasi B dengan nilai signifikan 0,027 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 2 Zul a
Keywords: Kesulitan belajar siswa; Bioteknologi; Indikator belajar; Rumah kognitif; Faktor-faktor kesulitan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Nov 2016 02:31
Last Modified: 10 Nov 2016 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21361

Actions (login required)

View Item
View Item