PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Siagian, Rita Irmaya Sari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 2123311072 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 2123311072 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 2123311072 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM 2123311072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 2123311072 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03 NIM 2123311072 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 2123311072 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 2123311072 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 2123311072 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM 2123311072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 2123311072 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM 2123311072 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 2123311072 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
07 NIM 2123311072 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 2123311072 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08 NIM 2123311072 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM 2123311072 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12 NIM 2123311072 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 2123311072 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13 NIM 2123311072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh kemampuan menyunting teks
prosedur kompleks siswa sebelum dan sesudah menggunakan model
pembelajaran discovery learning serta memperoleh pengaruh yang diberikan
model pembelajaran tersebut terhadap hasil kemampuan siswa. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan. Lalu dipilih sampel
penelitian sebagai perwakilan yang diambil menggunakan teknik random
sampling. Maka terpilihlah kelas X 1PA-4 yang berjumlah 40 orang sebagai
sampel penelitian. Metode atau cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test-Post-Test design. Hasil
yang diperoleh siswa adalah berupa pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan
untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menyunting teks prosedur
kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning, yaitu
memperoleh nilai rata-rata 63,5 dan termasuk dalam kategori cukup. Lalu posttest
dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model
pembelajaran discovery learning, yaitu memperoleh nilai rata-rata 77,0 dan
termasuk dalam kategori baik. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh
yaitu 9,31 > 2,02 maka dapat membuktikan bahwa hipotesis alternatif (
diterima, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran discovery learning
terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyunting
teks prosedur kompleks pada siswa kelas X MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 199
Keywords: Discovery Learning; Menyunting; Teks Prosedur Kompleks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:15
Last Modified: 03 Nov 2016 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21078

Actions (login required)

View Item
View Item