PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN “NASIHAT-NASIHAT” KARYA A. A. NAVIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Khairani, Desi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN “NASIHAT-NASIHAT” KARYA A. A. NAVIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4. NIM 2123111010 PREFACE.PDF]
Preview
Other
4. NIM 2123111010 PREFACE.PDF - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 1. NIM 2123111010 COVER.PDF]
Preview
Other
1. NIM 2123111010 COVER.PDF - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2123111010 TABLE OF CONTENT.PDF]
Preview
Other
5. NIM 2123111010 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2123111010 ABSTRACT.PDF]
Preview
Other
3. NIM 2123111010 ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2123111010 TABLES.PDF]
Preview
Other
6. NIM 2123111010 TABLES.PDF - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2123111010 APPENDICES.PDF]
Preview
Other
7. NIM 2123111010 APPENDICES.PDF - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2123111010 APPROVAL SHEET.PDF.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2123111010 APPROVAL SHEET.PDF.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2123111010 CHAPTER 1.PDF]
Preview
Other
8. NIM 2123111010 CHAPTER 1.PDF - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 21233311020_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 21233311020_BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 21233311020_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 21233311020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan
mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran
2015/2016 yang berjumlah 111 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu
kelas XI IPA 3 yang berjumlah 26 siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen semu. Desain penelitiannya adalah one group pre-test post-test
design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan
mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited
Individualization) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan
Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori cukup. Kedua,
kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya
A.A.Navis setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team
Assited Individualization) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan
Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori baik. Ketiga,
ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan mengidentifikasi
unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 057
Keywords: Model TAI; Kemampuan Mengidentifikasi;Cerpen.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:39
Last Modified: 14 Sep 2016 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19525

Actions (login required)

View Item
View Item