HUBUNGAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MEKANIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA SMK SWASTA TELADAN MEDAN

Panjaitan, Pangidoan T. Jaya (2014) HUBUNGAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MEKANIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of Cover skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover skripsi.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of Lembar pengesahan.pdf] Text
Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (5MB)
[thumbnail of ABSTRAK .pdf]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara hasil belajar teknologi mekanik dan kemandirian belajar dengan minat berwirausaha pada siswa kelas X program keahlian teknologi dan rekayasa di SMK Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Metode Penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X program keahlian teknologi dan rekayasa di SMK Swasta Teladan Medan yang terdiri dari 1 Kelas yaitu kelas X TR dan berjumlah 45 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian ditentukan dengan tabel Krejci dan Morgan yang mana sampel yang di ambil adalah berjumlah 40 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk kemandirian belajar dan minat berwirausaha sedangkan untuk hasil belajar teknologi mekanik menggunakan dokumentasi. Jumlah instrument kemandirian belajar dan minat berwirausaha sebanyak 30 pernyataan pada angket kemandirian belajar terdapat 25 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,909 tergolong sangat tinggi. Sedangkan pada minat berwirausaha terdapat 28 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,936 tergolong sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara hasil belajar teknologi mekanik dengan minat berwirausaha (r = 0,445) dan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan minat berwirausaha (r = 0,436) serta ditemukan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara hasil belajar teknologi mekanik dan kemandirian belajar dengan minat berwirausaha (r = 0,595). Koefisien determinasi antara variabel hasil belajar teknologi mekanik dengan minat berwirausaha sebesar 19,86%, dan koefisien determinasi antara kemandirian belajar dengan minat berwirausaha sebesar 19,01% serta koefisiean determinasi antara hasil belajar teknologi mekanik dan kemandirian belajar dengan minat berwirausaha sebesar 35,45% . Ringkasan hasil analisi regresi tersebut sebagai berikut : Fh = 10,160 harga Ft = 1,64 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (10,160 > 1,64). Bahwa persamaan regresi Y = 31,77 + 0,39X1 + 0,38X2 dapat dipertanggung jawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan antara hasil belajar teknologi mekanik dan kemandirian belajar dengan minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.807 19 Pan h
Keywords: Minat Berwirausaha; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar; Teknologi Mekanik; Analisis Data
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 14 Nov 2016 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19240

Actions (login required)

View Item
View Item