PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MATA PELAJARAN PKN PADA KDHAKIKAT KEBEBASAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA KELAS VII SMPN 5ADIANKOTING TAHUN AJARAN 2012/2013

Hutabarat, Dianse Marisda (2013) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MATA PELAJARAN PKN PADA KDHAKIKAT KEBEBASAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA KELAS VII SMPN 5ADIANKOTING TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 309111017 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM 309111017 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of NIM 309111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
NIM 309111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of NIM 309111017 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM 309111017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of NIM 309111017 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM 309111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of NIM 309111017 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM 309111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of NIM 309111017 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM 309111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of NIM 309111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM 309111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of NIM 309111017 BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM 309111017 BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of NIM 309111017 BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM 309111017 BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of NIM 309111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM 309111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan modelpembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan pemahaman siswa padaKD Hakikat Mengemukakan Pendapat dalam mata pelajaran PKn siswa kelas VIISMPN 5 Adiankoting. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakanpenulis dalam penelitian ini adalah melalui observasi aktivitas belajar siswa danhasil belajar (pos tes), penyebaran angket dan wawancara.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5Adiankoting yang terdiri dari 65 siswa yang terdapat dalam 3(tiga) kelas. Denganmelihat jumlah populasi yang jumlahnya kurang dari 100 orang maka, penulismengambil seluruh populasi menjadi sampel penelitian yaitu sebanyak 100 % darijumlah populasi adalah 65 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakandalam penelitian ini menggunakan rumus tabel Frekuensi.Dari hasil analisis diperoleh data pre tes sebagai hasil belajar awal siswa denganpersentase siswa yang tuntas adalah 15,39 %. Data pos tes siklus I dengan rataratanilai 38,47 % berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 23,1 %.Sedangkan pos tes siklus II dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 84,61 %berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari pos tes siklus I ke pos tes siklus IIsebesar 46,14 %. Hasil observasi pada siklus I dengan Kriteria sangat baik danbaik sekitar 16,92 % (11 orang siswa) sedangkan siklus II 76,92 % (50 orangsiswa). Dengan demikian ada peningkatan aktivitas belajar siswa sekitar 60 %.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwingdapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap KD Hakikat KebebasanMengemukakan pendapat dalam mata pelajaran PKn siswa kelas VII SMP Negeri5 Adiankoting Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 181.160 712 Hut p
Keywords: Model pembelajaran; Snowball throwing; Belajar; Kemerdekaan; Mengemukakan pendapat; Pendidikan kewarganegaraan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 19 Dec 2016 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17265

Actions (login required)

View Item
View Item