PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENGANTAR EKONOMI MIKRO MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2015/2016

Mustofa, Achmad (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENGANTAR EKONOMI MIKRO MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123141001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123141001 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123141001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123141001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123141001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123141001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123141001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123141001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123141001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123141001 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123141001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123141001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123141001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123141001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123141001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123141001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123141001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123141001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi belajar terhadap prestasi
belajar mahasiswa. (2) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar
mahasiswa. (3) mengetahui besarnya pengaruh prestasi belajar dan disiplin belajar dalam
menunjang prestasi belajar mata kuliah pengantar ekonomi mikro mahasiswa Program
Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan T.A 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas
Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi pada mata kuliah pengantar
ekonomi mikro yang berjumlah 160 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil
menggunakan teknik simple random sampling, yaitu mengambil sebagian populasi
sebagai sampel penelitian, yaitu 80 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t)
dan secara simultan (uji f) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan
uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan kolmogorov
smirnov, uji multikolinierutas, uji heterokedastisitas dan uji linieritas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar
mahasiwa dalam kategori cukup yaitu 80,125. Regresi linier berganda Y= 17,204 +
0,226X1 + 0,593X2 + e. Pengujian terhadap hipotesis secara parsial dengan taraf
signifikan 5%. Untuk motivasi variabel motivasi belajar (X1) menunjukkan nilai
sebesar 3,178 nilai sebesar 1,664 maka diperoleh > (3,178>1,664).
Untuk variabel disiplin belajar (X2) menunjukkan nilai sebesar 7,051 nilai
sebesar 1,664 maka diperoleh > (7,051>1,664). Pengujian hipotesis secara
simultan dengan taraf signifikan 5% menunjukkan nilai sebesar 255,312 dan nilai
sebesar 3,12 maka diperoleh > (255,312>3,12) dan koefisien ( R
square) sebesar 0,869 atau 86,9%, dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya
sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel motivasi belajar dan disiplin belajar
terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 86,9%.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Ada
pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 2. Ada
pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar. 3. Ada
pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Medan.
Bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan
dapat menggunakan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman tentang motivasi
belajar dan disiplin belajar dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi
belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 EKO 012
Keywords: Motivasi Belajar;; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:11
Last Modified: 25 Aug 2016 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14829

Actions (login required)

View Item
View Item