PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN PERILAKU METAKOGNISI MAHASISWA

Simanjuntak, Mariati Purnama (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN PERILAKU METAKOGNISI MAHASISWA. Jurnal Online Pendidikan Fisika, 01 (01). ISSN 2301-7651

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku metakognisi mahasiswa pada matakuliah Fisika Umum melalui penerapan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Data pengetahuan dan keterampilan metakognisi dikumpulkan dengan tes berbentuk melalui angket. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan metakognisi mahasiswa dinilai berdasarkan perbandingan rerata nilai gain yang dinormalisasi, N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada topik kinematika dan dinamika partikel dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, termasuk kategori sedang, begitu juga dengan perilaku metakognisi mereka termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran berbasis pemecahan masalah; Pengetahuan; Keterampilan; Perilaku metakognisi; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Sep 2016 04:42
Last Modified: 23 Sep 2016 04:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item
View Item