UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN

Siregar, Anggrainy (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103111006 COVER.pdf]
Preview
Text
4103111006 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 4103111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 4103111006 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4103111006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103111006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 4103111006 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4103111006 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4103111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4103111006 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103111006 BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 4103111006 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103111006 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 4103111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 4103111006 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4103111006 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Grup Investigasi (GI) dan mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran dengan model kooperatif Grup Investigasi (GI) apakah pembelajaran dengan model pembelajaran Grup Investigasi dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada materi pokok Operasi Bentuk Aljabar.Lokasi penelitian adalah SMP Swasta HKBP Sidorame Medan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 35 orang. Objek yang diteliti adalah peningkatan kemampuan penalaran siswa setelah dilakukan pembelajaran model kooperatif tipe Grup Investigasi (GI) pada pokok bahasan Operasi Bentuk aljabar. Adapun Instrumen pengumpul data pada penelitian ini adalah berupa tes kemampuan penalaran dan observasi. Tes terdiri dari : Tes diagnostik (tes sebelum dilakukan tindakan), Tes Kemampuan Penalaran I dan Tes Kemampuan Penalaran II. Pada siklus I peneliti memberikan pembelajaran model kooperatif tipe Grup Investigasi dengan mengelompokkan siswa dan memberikan perangkat Lembar Kerja siswa (LKS). Setelah pembelajaran siklus I, peneliti memberikan tes kemampuan penalaran I. Siklus I belum berhasil peneliti melanjutkan penelitian ke siklus II. Pada siklus ini peneliti melaksanakan pembelajaran model kooperatif tipe Grup Investigasi dengan mengelompokkan siswa dengan kelompok yang berbeda dari sikklus I, dilihat dari hasil tes penalaran siklus I agar lebih efektif dan memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil analisi data yang diperoleh dari Tes diagnostik, tes kemampuan penalaran I dan tes kemampuan penalaran II ditemukan peningkatan kemampuan penalaran siswa pada materi pokok Operasi Bentuk Aljabar. Secara berturut-turut peningkatan siswa yang memperoleh kemampuan penalaran mencapai ketuntasan tes diagnostik 8 orang (22,85%), tes kemampuan penalaran I sebanyak 20 siswa (57,14%) dan pada tes kemampuan penalaran II sebanyak 31 siswa (88,57%). Hal ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Grup Investigasi dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa khususnya pada materi pokok Operasi Bentuk Aljabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.943 071 Sir u
Keywords: Pembelajaran;Matematika;Penalaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12189

Actions (login required)

View Item
View Item