PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORIPADA POKOK BAHASAN KOLOID DI SMAN 2 KEJURUAN MUDA

Hutahaean, Fretty Nafratilova (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORIPADA POKOK BAHASAN KOLOID DI SMAN 2 KEJURUAN MUDA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408331019 COVER.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331019 BAB I.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331019 BAB V.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan pembelajaran koperatif tipe NHT (Number Head Together) dan Pembelajaran Ekspositori pada materi pokok koloid di SMA N 2 Kejuruan Muda pada kelas XI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan pembelajaran koperatif tipe NHT dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan pembelajaran Ekspositori. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 24 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen I (NHT) adalah 51,16 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen II (NHT) adalah 57,50. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh data berdistribusi normal.. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 44,53 dan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 41,38. Dari data tersebut setelah dianalisis, Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran koperatif tipe NHT dan Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Kawan195712091987031001
Call Number: 540.071 Hut p
Keywords: Variabel; Data; Alat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9985

Actions (login required)

View Item View Item