PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE UP DIINTEGRASIKAN DENGAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA

Panjaitan, Rainal (2012) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE UP DIINTEGRASIKAN DENGAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408331039 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331039 BAB I.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331039 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran FIRE UP diintegrasikan dengan pendidikan lingkungan terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, angket dan observasi. Berdasarkan uji hipotesis pertama yang dilakukan yakni uji t pihak kanan, dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni thitung = 3,704 > ttabel = 1,673, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran FIRE UP lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi tersebut. Hal ini diperoleh dari analisis data gain. Rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimen 0,549 dan kelas kontrol 0,452 sehingga persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 54,9 % sedangkan pada kelas kontrol sebesar 45,2 %. Selain itu, uji hipotesis kedua yang diperoleh thitung < ttabel (-46,56 < 1,673), ini berarti tolak Ha terima Ho, yaitu sikap peduli lingkungan siswa yang diajar dengan pengintegrasian pendidikan lingkungan melalui strategi pembelajaran FIRE UP tidak lebih baik daripada sikap peduli lingkungan siswa yang diajar tanpa pengintegrasian pendidikan lingkungan melalui strategi tesebut. Hal ini diperoleh dari hasil persentase yang diperoleh dari data angket pada kelas eksperimen sebesar 64,45 % sedangkan pada kelas kontrol 69,85 %. Demikian juga dari hasil analisis observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa persentase yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen dari pertemuan I sampai pertemuan III lebih rendah daripada persentase yang diperoleh pada kelas kontrol. Adapun rata-rata pesentase yang diperoleh untuk untuk kelas eksperimen pada pertemuan I sebesar 64,17 % , pertemuan II 65,55 %dan pertemuan III 68,06 %. Sementara pada kelas kontrol rata-rata pesentase yang diperoleh pada pertemuan I sebesar 68,06 %, pertemuan II 66,11 % dan pertemuan III 68,61 %. Dengan melihat keberhasilan pengajaran yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar, maka perlu dipikirkan untuk menggunakannya pada materi kimia lain. Akan tetapi, pengajaran tersebut tidak dapat membentuk sikap peduli siswa terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurfajriani, 196709022005012001
Call Number: 540.071 Pan p
Keywords: Pembelajaran; Koloid; Kurikulum
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9982

Actions (login required)

View Item View Item