PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN INTEGRASI KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA SUB MATERI ALAT UKUR DAN DAYA LISTRIK DI SMA N 1 HINAI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2011/2012

Wibitri Wibowo, (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN INTEGRASI KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA SUB MATERI ALAT UKUR DAN DAYA LISTRIK DI SMA N 1 HINAI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
22337-COVER .pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-LEMBAR PENGESAHAN pdf.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-BAB 1.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-BAB V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22337-RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probem solving dengan integrasi karakter terhadap pembentukan karakter dan hasil belajar siswa pada sub materi alat ukur listrik dan daya listrik di kelas X SMA N 1 hinai T.A 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Hinai T.A 2011/2012 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa ada dua instrumen yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 8 soal dan lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua jalur. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes karakter kelas tinggi 38 dengan simpangan baku 5,61 dan nilai rata-rata karakter kelas rendah 37 dengan simpangan baku 3,17. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,146 dan Ltabel = 0,148, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,134 dan Ltabel = 0,148, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Xhitung ^2= 0,092 dan Xtabel ^2 = 3,84 sehingga Xhitung ^2 < Xtabel ^2 , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji hipotesis nilai kedua kelas diperoleh Fhitung = 24,6 dan Ftabel = 3,98, sehingga Fhitung > Ftabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem solving dengan integrasi karakter dan kelas kontrol dengan model pembelajaran problem solving tanpa integrasi karakter. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata belajar fisika siswa kelas eksperimen 75,19 dengan simpangan baku 9,35 dan kelas kontrol 69,47 dengan simpangan baku 9,35. Pada observasi pembentukan karakter siswa didapat hasil rata-rata untuk kelas eksperimen 40 dengan kategori meningkat dan pada kelas kontrol 28,5, dengan demikian peningkatan karakter lebih banyak berada di kelas yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan integrasi karakter (eksperimen). Hasil uji anava diperoleh Fhitung = 10,5 dan Ftabel = 3,98, sehingga Fhitung > Ftabel Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model pembelajaran problem solving dengan integrasi karakter terhadap pembentukan karakter dan hasil belajar siswa pada sub materi alat ukur listrik dan daya listrik di kelas X SMA Negeri 1 Hinai Semester II T.A.2011/2012. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 61,3 termasuk kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Ratna196102251988032001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 530.071 Wib p
Keywords: Problem Solving; Integrasi Karakter; Hasil belajar Siswa; Alat Ukur Listrik; Daya Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9964

Actions (login required)

View Item View Item