PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SEISUKA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Anisyah, Nur (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SEISUKA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081244310016 BAB I.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310016 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310016 BAB V.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Metode Demonstrasi lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri tanpa Metode Demonstrasi dan untuk mengetahui persen peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Metode Demonstrasi pada pokok bahasan Koloid di SMA Negeri 1 Seisuka. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan Pembelajaran Inkuiri menggunakan metode Demonstrasi, sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pembelajaran Inkuiri tanpa metode Demonstrasi. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak dan diperoleh thitung = 2.489 sedangkan ttabel = 1.999 untuk α = 0.05 dan db = 62. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Strategi pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi dan pengajaran menggunakan Strategi pembelajaran inkuiri tanpa metode demonstrasi pada pokok bahasan koloid. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 50.54 % sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas kontrol sebesar 40.93%. Dengan melihat keberhasilan belajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Demonstrasi pada pokok bahasan Koloid, maka diharapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Demonstrasi ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSugiharti, Gulmah19611071988032001
Call Number: 540.071 Ani p
Keywords: Inkuiri; Demontrasi; Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9963

Actions (login required)

View Item View Item